otomotif & modifikasi

blog ini saya buat untuk para penyuka modifikasi, ataupun para pecinta motornya sebagai teman hidup.

11.06

Trik Bikin Skubek "Low Rider"

Diposting oleh sandra aditya rahman

Trik Bikin Skubek "Low Rider"

MOTOR PLUS/ENDRO

Senin, 29/12/2008 | 13:27 WIB

Sekarang ini lagi tren skubek melar alias roda belakangnya mundur. Seperti yang dipakai grup musik Sheila on7 dalam video klip terbarunya. Mundurnya tidak kepalang tanggung sampai puluhan sentimeter.

Untuk memundurkan roda belakang, beberapa peralatan pertukangan bangunan dan teknologi runway pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dipakai di sini. “Beberapa teknik atau jurus tukang bangunan dipakai supaya dapat hasil yang maksimal dan aman,” bilang Roby Istim Mangolan dari rumah modifikasi Studio 9 yang lagi kebanjiran order.

Menurut Roby, membentuk skubek low rider (loder) butuh pengukur tingkat kerataan seperti waterpas dan benang. Selain itu, dibikin konstruksi cakar ayam layaknya membuat fondasi.

Ciri kuat aliran loder dengan roda belakang mundur, Roby bisa melakukannya tergantung permintaan. Ia pernah melakukannya dengan memundurkan sampai 30 cm. Nah, dalam pembuatan "undur-undur" inilah digunakan desain cakar ayam.

“Desain cakar ayam, bentuknya kuat di bagian sambungan sehingga aman,” ujar Roby. Untuk material sendiri, lanjutnya, digunakan pelat besi dengan ketebalan 8 mm, dan setelah dipasang, otomatis sumbu roda belakang mundur.

Posisi mesin harus dijaga supaya tetap rebah seperti standarnya. Agar kemiringannya sama, dipakai waterpas. Dengan pemakaian "undur-undur" kemungkinan besar mesin akan tambah miring. “Kalau engine yang berubah sudutnya dikhawatirkan saat melibas jalan jelek atau polisi tidur akan mentok. Itu kan berisiko,” tegas Roby sambil mensyaratkan posisi mesin harus sama seperti aslinya.

Lantas, benangnya buat apa? Benangnya seperti yang dipakai tukang bangunan untuk penyetingan lurusnya roda belakang dengan sasis (center). Caranya, antara sasis dan garis tengah pada tapak roda, “Itu harus dijaga dalam satu garis lurus karena sangat berpengaruh dalam handling berkendara,” lanjut pria itu.

Kalau saja ketiga unsur ini diperhatikan, konstruksi kaki-kaki loder yang ideal didapat./* (Nurfil)


www.kompas.com

www.motorplus-online.com

0 komentar:

Posting Komentar